Fantastis! Lidi Bernilai Ratusan Juta Rupiah Diekspor ke Pakistan

Tanjung Balai Asahan - Sama halnya dengan pohon kelapa, setiap bagian tanaman kelapa sawit juga dapat dimanfaatkan. Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit merupakan bahan baku dalam pembuatan minyak nabati. Bagian batangnya bisa digunakan bahan baku bangunan. Akar sawit pun bisa dibuat kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Begitu pula dengan daunnya yang dapat diproses menjadi pupuk cair bahkan lidi kelapa sawit juga memiliki segudang manfaat bagi manusia. Lidi ini merupakan bagian dari tulang daun kelapa sawit.

Lidi dari kelapa sawit mempunyai tekstur yang agak keras, elastis pada bagian ujungnya, dan berwarna cokelat muda. Lidi tersebut dapat diolah menjadi kerajinan tangan melalui teknik penganyaman. Kerajinan dari lidi sawit ini memiliki kesan tradisional yang begitu kuat sehingga banyak diminati oleh pasar lokal maupun mancanegara.

Meski bulan ramadan, tak menyurutkan semangat bekerja petugas Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan untuk melakukan pemeriksaan terhadap komoditas sapu lidi tujuan Pakistan sebanyak 52.000 kg senilai Rp 190 juta rupiah. Pemeriksaan dua kontainer lidi tersebut dilakukan di Desa Ledong Timur Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kamis (23/05). Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan lidi sawit tersebut sehat dan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan karantina sehingga dapat diterima di negara tujuan.

Mari bersama melindungi negeri, melestarikan keanekaragaman hayati.

#LaporKarantina🍎🐕
#KarantinaPertanianTBAsahan

Posted in Berita on May 23, 2019

Views: 61