Lebaran Menjelang, Ekspor Domba Gemilang

Tanjung Balai - Setelah sempat tertunda pengiriman ekspor domba ke Malaysia karena terkendala transportasi, akhirnya domba asal Kabupaten Batubara Sumatera Utara bisa berangkat ke Malaysia. Ini merupakan ekspor perdana domba ke Malaysia di tahun 2019 yang di lakukan oleh CV. Asia Global melalui Pelabuhan Teluk Nibung di Kota Tanjung Balai. Tingginya konsumsi daging domba di Malaysia, membuat pengusaha asal Malaysia bekerja sama dengan pengusaha lokal di Kabupaten Batubara untuk bisa mengekspor domba dari Indonesia.

Menurut data Kementerian Pertanian, tahun 2017 tercatat Indonesia mengekspor domba sebanyak 210 ekor. Sedangkan tahun 2018 terjadi peningkatan ekspor menjadi 2.921 ekor. Hal ini menunjukkan bahwa peluang ekspor Domba ke Malaysia sampai saat ini masih cukup tinggi.

Untuk menjamin Domba yang diekspor tersebut dalam kondisi sehat dan bebas dari hama penyakit hewan, Karantina Pertanian TB Asahan melakukan pemeriksaan fisik dan didukung oleh pemeriksaan laboratorium dengan Uji Rose Bengal Test (RBT). Hasil pemeriksaan fisik didapatkan bahwa domba dalam kondisi yang sehat . Hasil pemeriksaan sampel darah juga negatif.

SobatQ.. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan untuk memenuhi persyaratan karantina hewan. Tak hanya itu, ini juga sebagai bentuk dukungan untuk produk pertanian Indonesia yang sehat dan unggul.

"Ekspor domba ke Malaysia ini adalah bentuk komitmen dari Karantina Pertanian TB Asahan untuk mendorong akselerasi ekspor komoditas unggulan di wilayah kerja kami. Hari ini kita mengirim 200 ekor domba dengan nilai ekonomi lebih dari 200 juta rupiah. Semoga kedepannya akan semakin meningkat jumlahnya," tambah Bukhari, Kepala Karantina Pertanian TB Asahan.

#LaporKarantina🍎🐕
#KarantinaPertanianTBAsahan


Posted in Berita on May 31, 2019

Views: 74