Kata Pengantar

Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan

            Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan atau kemudian disebut Karantina TB Asahan merupakan unit pelaksana teknis (UPT) dari Badan Karantina Pertanian, Kementerina Pertanian Republik Indonesia. Tugas dan fungsi Karantina TB Asahan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan merupakan tugas dan fungsi yang sangat strategis dan penting mengingat globalisasi perdagangan yang membawa konsekuensi terhadap meningkatnya frekuensi dan intensitas arus lalu lintas barang dan manusia. Oleh karena itu Karantina Pertanian sangat penting dalam memberikan informasi terkait peraturan, kegiatan, kebijakam, dan informasi lain terkait pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) di Indonesia.

            Selain pengawasan yang optimal dari Petugas Karantina, kesadaran masyarakat secara luas sangat membantu dalam optimalisasi usaha perlindungan terhadap sumber daya alam hayati serta keamanan pangan yang dimiliki oleh Indonesia. Informasi yang akurat, cepat, dan mudah diakses membuat masyarakat terkait hal tersebut. Melalui website ini diharapan dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum, pengguna jasa, dan pihak ketiga tentang kebijakan perkarantinaan, data terbaru, peraturan perundangan, serta berbagai hal dalam kegiatan ekspor, impor, dan pengiriman domestik komoditas pertanian, terutama yang berasal dan bertujuan ke pintu masuk dan pintu pengeluaran di Tanjung Balai Asahan.

            Perkembangan teknologi informasi selalu dinamis  sesuai dengan perkembangan global. Oleh karena itu, Karantina TB Asahan selalu melakukan perbaikan secara terus menerus dalam memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Melalui website dan berbagai media sosial yang digunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube, Karantina TB Asahan mengharapan dukungan dan partisipasi aktif serta saran dan masukan dalam rangka perbaikan pelayanan yang diberikan. Masukan dan respon balik masyarakat adalah semangat dan modal penting dalam penyempurnaan pelayanan kami.

 Terimakasih