Visi Misi

Visi Karantina TB Asahan adalah “Penyelenggaraan Karantina Pertanian yang Tangguh, Profesional, dan Terpercaya Bernapaskan Perkarantinaan Rakyat Semesta”.

Misi Karantina TB Asahan adalah sebagai berikut:

  • Melindungi kelestarian sumber daya alam hayati hewan dan tumbuhan, kesehatan masyarakat veteriner, dan kelestarian lingkungan dari ancaman Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK), serta Keamanan Hayati.
  • Mempertahankan status Indonesia tetap bebas dari berbagai penyakit Hewan dan Tumbuhan Utama(Major Epizootic Disease), atau penyakit hewan dan tumbuhan karantina, dari kemungkinan masuknya dan tersebarnya penyakit/organisme pengganggu dari luar negeri, sekaligus mempertahankan agar hama dan penyakit hewan serta organisme pengganggu tumbuhan karantina tidak masuk dan keluar dari wilayah kerja SKP Kelas I Tanjung Balai Asahan.
  • Membantu pemerintah daerah dalam mengendalikan penyakit hewan dan tumbuhan Utama (Major Epizootic Disease) yang sudah ada.
  • Mewujudkan pelayanan karantina pertanian yang tangguh dan profesional terhadap lalulintas media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina dan Organisme Pengganggu Tanaman Karantina untuk ekspor, impor, dan antar area.
  • Memfasilitasi kelancaran perdagangan produk agribisnis (hewan dan tumbuhan) serta produk hewan dan tumbuhan yang dilalulintaskan, berdasarkan ketentuan standard dan perundang-undangan yang berlaku, serta standard internasional.
  • Mewujudkan terciptanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan perkarantinaan pertanian.